Jakarta (ANTARA News) - Pengunjung yang memadati kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta Utara hingga sore ini jumlahnya diperkirakan mencapai 150 ribu orang.

Media Relations Departemen Corporate Plan Pembangunan Jaya Ancol Sofia Cakti saat ditemui Jumat mengatakan, jumlah tersebut dapat bertambah hingga malam nanti yang diperkirakan akan mencapai 200 ribu pengunjung.

"Hingga pukul 15.30 WIB jumlah pengunjung telah mencapai 146.100 diluar yang memegang tiket manual dan rombongan jadi, diperkirakan saat ini pengunjung mencapai 150 ribu," ujarnya.

"Ini setengah jumlah dari jumlah pengunjung yang masuk ke Ancol pada malam pergantian tahun yang mencapai 300 ribu. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang mencapai 285 ribu," ujarnya.

sebelumnya, Sofia memprediksi jumlah pengunjung yang datang untuk berwisata mencapai 150 ribu, namun target tersebut direvisi ketika kepadatan kendaraan untuk masuk semakin sore makin padat.

Menurut pengamatan, aliran arus lalu lintas kendaraan yang masuk ke kawasan Ancol tampak padat di kawasan Pintu Gerbang Utama Barat depan Hailai, padahal ada lima akses masuk keluar Ancol.

Kendaraan tersebut terdiri kendaraan roda empat seperti minibus, taksi, angkot carteran, bis-bis besar yang membawa rombongan wisata serta sepeda motor.

Pihak pengelola Ancol juga menyiagakan lima pintu masuk akses masuk keluar lain yaitu pintu gerbang utama Marina, pintu gerbang utama Timur, pintu gerbang utama Carnaval, pintu gerbang utama Pemadam dan akses Darurat melalui pintu PLTU.

Pusat keramaian pengunjung masih terfokus pada Dunia Fantasi, Sea World, Gelanggang Samudera, Atlantis dan Pantai Karnaval.

Tempat parkir pun semakin padat dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, dan banyak pemilik kendaraan tersebut juga tidak memarkir kendaraan ditempat yang semestinya sehingga menimbulkan kemacetan.

"Ini karena masih banyak pemilik kendaraan yang ingin memarkir kendaraannya di pinggir jalan, tempat yang dekat dengan wahana wisata," ujar Sofia.

Padahal pihak pengelola juga menyiagakan kantong parkir untuk 15 ribu kendaraan roda empat, 50 ribu kendaraan roda dua dari kondisi eksisting sebesar 8 ribu kendaraan roda empat dan 10 ribu kendaraan roda dua.

Untuk Acara Pekan Liburan Akhir Tahun, pengelola Ancol juga menyiapkan acara Band Musik Top 40, Dangdut dan Campur Sari di Pantai Indah kemudian pertunjukan "Wolverine" di Hall Rama Shinta Dunia Fantasi, Water Stuntman Show "Scorpion Pirates, serta Jakarta Contemporary Ceramics Biennale.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010