Kopenhagen (ANTARA News) - Polisi Denmark, Jumat malam menembak dan melukai seorang pria yang dekat dengan kelompok gerilyawan Somalia dan berusaha memasuki rumah di Aarhus milik Kurt Westergaard, pembuat kartun yang menghujat Nabi Muhammad SAW, kata pasukan keamanan Denmark seperti dikutip AFP.

Kartunis Denmark tersebut, yang telah menerima beberapa ancaman pembunuhan sejak satu surat kabar Denmark empat tahun lalu menyiarkan kartun yang menggambarkan Nabi Muhammad memakai sorban berbentuk bom, berada di rumah itu di dekat Viby, kota Aarhus, bagian barat Denmark, ketika pria 27 tahun tersebut dan dua orang lagi berusaha masuk, demikian laporan harian Politiken dalam edisi online.

Penjaga menggagalkan niat ketiga penerobos tersebut saat alarm keamanan menyala, dan pria yang cedera itu dirawat di rumah sakit.Kantor berita Denmark, Ritzau, melaporkan puluhan kendaraan polisi berada di tempat kejadian sementara petugas dikerahkan ke dalam rumah itu untuk mencari bom yang mungkin telah dipasang.

Westergaard adalah salah satu dari 12 kartunis yang gambar mereka mengenai Nabi Muhammad SAW diterbitkan di harian Denmark, Jullands-Posten, pada September 2005, sehingga menyulut kontroversi di kalangan umat Muslim di seluruh dunia.

Dua belas kartun tersebut menghujat Nabi Muhammad SAW dan penerbitannya memicu protes keras di seluruh dunia pada Januari dan Februari 2006.

Demnstran membakar bendera Denmark dalam protes yang mencapai puncaknya pada Februari 2006 dengan pembakaran beberapa kantor diplomatik Denmark di Damaskus dan Beirut serta jatuhnya puluhan korban jiwa di Nigeria, Libya dan Pakistan.(*)

Pewarta: adit
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010