Semarang (ANTARA News) - Pembangunan jembatan di lima titik yang menghubungkan jalan tol Semarang-Solo untuk rute Kota Semarang hingga Ungaran, Kabupaten Semarang, ditargetkan selesai pada rentang periode antara Februari hingga Maret 2010.

Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Danang Atmodjo, di Semarang, Sabtu, mengatakan, pembangunan jembatan di lima titik tersebut menjadi fokus pekerjaan saat ini.

"Pengerjaan jembatan harus selesai pada sekitar Februai hingga Maret, karena pada saat itu sudah dimulai proses penyambungan jalan," katanya.

Proses penyambungan tersebut, kata dia, sejalan dengan pekerjaan pengerasan badan jalan sudah berjalan sebelumnya.

Adapun proses pembangunan pilar penyangga jembatan, menurut dia, saat sedang dilakukan, sesuai dengan kondisi geografis medan.

Kelima titik jembatan tersebut, lanjut dia, masing-masing dua di wilayah Banyumanik, Gedawang, Susukan, dan Penggaron.

Ia menambahkan. empat bank telah menyatakan kesanggupannya untuk membiayai kelanjutan pembangunan konstruksi jalan tol ini yang jumlahnya mencapai Rp4,6 triliun.

Keempat bank siap mengucurkan pembiayaan tersebut yakni Bank Negara Indonesia, Bank rakyat Indonesia, Bank Mandiri dan Bank Jateng.

Jalan tol Semarang-Solo memiliki panjang sekitar 75 kilometer, sementara proses pembangunan rute Semarang-Ungaran mencapai 10,9 kilometer.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010