Pangkalpinang (ANTARA News) - Realiasi penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, hingga Desember 2009 mencapai 105 persen atau melebihi target hingga akhir tahun.

"Target penerimaan pajak pada 2009 sebesar Rp309 miliar, terealisasi sebesar Rp326 miliar atau mencapai 105 persen," kata Kepala KPP Pratama Pangkalpinang, Adinur di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan, penerimaan pajak tersebut bersumber dari sektor PPh sekitar 60 persen, PPN sebesar 30 persen PBB 10 persen.

"Target penerimaan pajak pada 2010 hanya sekitar Rp250 miliar atau lebih kecil dari target pada 2009," katanya.

Ia mengatakan, akan mengoptimalkan penerimaan pajak di sektor usaha burung walet yang potensinya bisa mencapai Rp10 miliar per tahun.

"Sektor usaha burung walet ini kami nilai memberikan kontribusi cukup besar di sektor pajak, maka pada 2010 lebih dioptimalkan," ujarnya.

Menurut dia, KPP Pangkalpiang menempati peringkat pertama dalam penerimaan pajak dari 14 KPP yang ada di Kanwil Sumatra Selatan (Sumsel).

"Meski objek penerimaan pajak hanya lingkup Kota Pangkalpinang saja namun memberikan kontribusi cukup besar terhadap pendapatan daerah karena kesadaran dalam membayar pajak cukup tinggi," katanya
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010