Bandarlampung (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan tinggi gelombang di Perairan Merak-Bakauheni, Senin, berkisar 0,6-1,2 meter dan cuaca berawan.

Selain itu, di Selat Sunda bagian Utara tersebut, angin bertiup dari Barat Daya ke Barat dengan kecepatan 05-12 knot.

Di Selat Sunda bagian Selatan, cuaca pun diprediksikan berawan, angin dari Barat Daya ke Barat dengan kecepatan 08-22 knot, dan tinggi gelombang 1,5-2,9 meter.

Kemudian, di Selat Bangka bagian Utara, cuaca pun kemungkinan berawan, angin dari Barat ke Utara dengan kecepatan 03-10 knot, dan tinggi gelombang 0,5-2,0 meter.

Di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Gelasa, cuaca diprediksikan hujan angin dari Barat ke Barat Laut dengan kecepatan 03-10 knot, dan tinggi gelombang 0,3-1,5 meter.

Sementara di Selat Bali bagian Utara (Ketapang-Gilimanuk) cuaca berpeluang hujan, angin dari Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan 03-18 knot, dan tinggi gelombang 0,3-0,8 meter.

Di Selat Bali bagian Selatan dan Selat Badung, cuaca pun diprediksikan berpeluang hujan, angin dari Barat Daya ke Barat Laut dengan kecepatan 03-22 knot, dan tinggi gelombang 0,3-2,0 meter.

Sedangkan di Selat Lombok bagian Utara (Padang Bai-Lembar) dan Selat Lombok bagian Selatan, pun berpeluang hujan, angin dari Barat Daya ke Barat laut dengan kecepatan 03-22 knot, dan tinggi gelombang 0,3-2,0 meter.

BMKG juga menginformasikan gelombang laut di sejumlah perairan di Indonesia berlaku pukul 07:00-19:00 WIB yakni gelombang 2,0-3,0 meter berpeluang di Laut Andaman, Perairan Barat Aceh, Perairan Kepulauan Simeulue, Perairan Kepulauan Nias.

Perairan Selatan Jawa hingga NTT, Laut Sawu, Perairan Selatan Kupang hingga Pulau Rote, Perairan Kepulauan Natuna, Perairan Kepulauan Anambas, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud, Laut Maluku bagian utara, Perairan Utara Halmahera, Laut Halmahera, Perairan Selatan Ambon, Laut Flores bagian Timur, dan Laut Banda bagian Barat.

Gelombang 3,0-4,0 meter berpeluang di Laut Cina Selatan, Perairan Kepulauan Mentawai hingga Barat Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Laut Banda bagian Timur, dan Samudra Pasifik Timur Filipina.

Sedangkan gelombang 4,0-5,0 meter berpeluang di Samudra Hindia Barat Kepulauan Mentawai hingga Bengkulu, Perairan Kepulauan Babar dan Tanimbar, Laut Timor serta Laut Arafuru.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010