Jakarta (ANTARA News) - Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) mengosongkan sementara posisi Wakil Ketua DPR dari FPAN menyusul meninggal dunianya Wakil Ketua DPR Marwoto Mitrohardjono sampai terpilih Ketua Umum DPP PAN pada Kongres III di Batam, Sabtu pekan ini (9/1).

"Karena Kongres PAN waktunya sudah sangat dekat maka Fraksi PAN menunggu terpilihnya Ketua Umum PAN hasil kongres di Batam," kata Ketua DPP PAN Teguh Juwarno di Gedung DPR Jakarta, Senin, seraya mengatakan, saat ini FPAN masih berkabung dan pada 7-9 Januari 2010 akan diselenggarakan Kongres di Batam, Kepulauan Riau.

Marwoto Mitrohardjono meninggal dunia di RS MMC Jalan HR Rasuna Said Jakarta, Minggu, pukul 15.45 WIB, setelah menderita komplikasi penyakit diabetes dan jantung.

Jenazah almarhum diserahkan dari keluarga ke DPR di Gedung DPR, Senin, dan kemudian dimakamkan di pemakaman San Diego Hills, Karawang.

Teguh mengatakan, untuk sementara posisi Wakil Ketua DPR dari Fraksi PAN akan dikosongkan sampai terpilihnya Ketua Umum PAN pada pekan depan.

"Nanti Ketua Umum PAN yang baru yang akan menetapkannya," kata Teguh.

Teguh menilai almarhum sebagai kader senior di PAN yang memiliki semangat tinggi dan tetap bersamangat menjalankan tugas-tugasnya baik sebgai pimpinan DPR maupun d Fraksi PAN.

Menurutnya, Marwoto adalah sosok akomodatif dan sungguh-sungguh menanggapi berbagai usulan, masukan, dan saran, baik dari anggota DPR yang seusia maupun yang lebih muda darinya.

Marwoto menjadi anggota DPR dua periode yakni periode 2004-2009 menempati posisi anggota Komisi XI serta pada periode 2009-2014 sebagai Wakil Ketua DPR.

Marwoto lahir di Klaten Jawa Tengah pada 23 Juni 1944. Dia meninggalkan seorang istri dan empat orang anak.(*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010