Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menilai rencana pelaksanaan pemilihan kepala daerah (PIlkada) serentak di seluruh daerah di Indonesia pada Juni 2010 adalah langkah positif.

"Pelaksanaan Pilkada secara serentak pada 2010 bisa mengifisienkan, waktu, dan tenaga biaya, sekaligus bisa mengurangi potensi konflik," kata Ketua DPD RI Irman Gusman pada rapat paripurna pembukaan masa sidang kedua tahun 2009-2010 di Gedung Nusantara V DPR, Jakarta, Selasa.

Dikatakan Irman dengan menyelenggarakan Pilkada secara serentak maka semua pihak terkait pada pesta demokrasi di tingkat daerah, seperti komisi pemilihan umum daerah (KPUD) dan institusi lainnya menyiapkan waktu, tenaga, dan anggaran hanya dalam satu kali saja.

Kemudian dari sisi massa pendukung, katanya, bisa lebih tertib karena lebih bisa diawasi perpindahan massa pendukung dari satu kabupaten ke kabupaten lainnya.

Anggota DPD dari Provinsi Sulawei Selatan, Bahar Ngitung mengatakan, pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2010, di Provinsi Sulawei Selatan akan diselenggarakan Pilkada di 11 kabupaten/kota.

Menurut dia, rencana pelaksanaan Pilkada secara serentak tersebut disambut positif oleh pemerintah daerah setempat dengan pertimbangan bisa lebih efisien, baik anggaran, waktu, dan tenaga, sekaligus bisa mengurangi potensi konflik antar-pendukung calon kepala daerah.

"Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2010 bisa menjadi contoh bagi daerah lain yang belum ikut serta," katanya.

Anggota DPD dari Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) Maria Goretti mengatakan, di Provinsi Kalimantan Barat ada enam kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada secara serentak pada 2010.

Dikatakannya, anggota DPD dari Provinsi Kalimantan Barat menyambut positif rencana pelaksaan Pilkada serentak tersebut karena bisa lebih kondusif.

"Jika Pilkada dilaksanakan secara serentak maka massa pendukung calon kepala daerah hanya turut meramaikan kampanye bagi calon di daerahnya saja, tidak sempat menyeberang untuk turut meramaikan kampanye ke daerah lain," katanya.

Direncanakan akan diselenggarakan Pilkada secara serentak di 246 daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, di Indonesia pada Juni 2010.

Rapat paripurna mengagendakan penyampaian laporan hasil reses oleh anggota DPD dari seluruh provinsi di Indonesia.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010