Tangerang (ANTARA News) - Kesebelasan Persita Tangerang, Banten, mengalahkan "Ayam Kinantan" PSMS Medan dengan skor 3-0 (1-0) pada kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia 2009-2010 yang digelar di Stadion Benteng, Tangerang, Selasa.

Gol tuan rumah dicetak Ilham Jaya Kesuma pada menit ke-44 ketika terjadi kemelut dimulut gawang PSMS sehingga kiper Soni Gunawan tidak mampu menyelamatkan gawang.

Sedangkan gol kedua diciptakan Rishadi Fauzi menit ke-70 dan gawang lawan kembali bergetar menit ke-81 oleh Julian Hontong.

Pada babak awal tuan rumah terus mengempur lini pertahanan PSMS yang dijaga trio Nyek Nyobe, Ahmad Maulana dan Deni Wahyudi namun tidak berhasil dan menjelang turun minum penyerang Persita mengubah strategi, maka membuahkan gol.

Memasuki babak kedua, tuan rumah kembali menyerang melalui duet Ilham Jaya Kesuma dengan Rishadi Fauzi dan dimotori Julain Hontong sehingga pemain belakang tim tamu kewalahan.

Namun setelah ketinggalan maka pelatih PSMS, Suimin Dihardja menerapkan agar pemain tampil lebih menyerang tanpa harus menunggu.

Bahkan berberapa kali serangan PSMS, tapi tidak berhasil karena tangguhnya pertahanan Persita yang dikawal Luis Edmondo, Abduk Rahman dan Rohmat.

Asisten pelatih PSMS, Nimrot Manalu mengatakan bahwa kemenangan Persita banyak ditentukan wasit yang tidak adil dan lebih memihak kepada tuan rumah.

Menurut dia, sebenarnya kedua tim bermain imbang dan masing-masing telah menerapkan strategi baik menyerang maupun bertahan, maka seharusnya hasil yang diraih seri.

"Kalah dan menang itu biasa, tapi bila wasit yang berpihak ke Persita dan dibiarkan begitu saja oleh inspektur pertandingan, hal ini baru luar biasa," katanya.

Sementara itu, asisten pelatih Persita Endang Hartono usai pertandingan mengatakan, bahwa kemenangan timnya bukan karena wasit memihak, tapi memang serangan yang dibangun pemain dapat menciptakan gol.

Sejak awal, katanya, pemain sudah memancangkan tekad untuk menang ketika bertemu PSMS, apalagi dengan persiapan yang matang jadi sangat wajar meraih tiga poin.

Pertandingan tersebut tanpa disaksikan penonton kedua tim, karena Persita mendapatkan hukum dari PSSI, karena pada pertandingan sebelumnya pendukung tim berjuluk "Pendekar Cisadane" itu melakukan perkelahian di luar stadion hingga ke jalan tol Jakarta- Merak.

Dalam pertandingan itu, wasit Solikin asal Surabaya mengeluarkan satu kartu kuning kepada Nyek Nyobe (PSMS).(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010