Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menunjuk I Made Gde Erata menjadi Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) menggantikan Mahendra Siregar yang mengundurkan diri.

"Sebagaimana diketahui sebagai dampak krisis global yang menonjol yang terkena adalah ekspor, ini beri tambahan beban dalam melaksanakan keseimbangan eksternal kita," kata Menkeu dalam acara serah terima jabatan di Gedung Djuanda Depkeu Jakarta, Rabu.

Hadir pula dalam acara sertijab itu Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu.

Mahendra Siregar mengundurkan diri dari jabatan itu berdasar surat permohonan yang disampaikan kepada Menkeu pada 11 Nopember 2009.

Saat ini Mahendra telah dipercaya oleh Presiden untuk menduduki jabatan baru sebagai Wakil Menteri Perdagangan.

Sementara I Made Gde Erata sebelumnya adalah Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Depkeu.

Menkeu meresmikan beroperasinya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau yang dikenal dengan Indonesia Exim Bank sejak 1 September 2009.

Dengan beroperasinya LPEI atau Indonesia Eximbank berarti Indonesia memiliki satu Bank Exim atau sering juga dikenal Export Credit Agency (ECA) dalam format yang sama dengan yang dimiliki oleh banyak negara maju dan berkembang di dunia yaitu lembaga yang dapat memberikan pembiayaan, penjaminan, asuransi, serta jasa konsultasi yang terkait dengan ekspor.

Susunan Dewan Direktur LPEI ketika mulai beroperasi yaitu Mahendra Siregar sebagai Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif LPEI, Dirjen Kekayaan Negara sebagai ex-officio Dewan Direktur LPEI yang berasal dari instansi yang membidangi fiskal.

Selain itu ditetapkan Sekretaris Bapepam-LK sebagai ex-officio Dewan Direktur LPEI yang berasal dari instansi yang membidangi fiskal, dan Kepala Badan Pengembangan Ekspor Nasional sebagai ex-officio Dewan Direktur LPEI yang berasal dari instansi yang membidangi perdagangan.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010