Quito (ANTARA News/AFP) - Perusahaan Korea Selatan SK Engineering & Construction membangun sebuah kilang minyak senilai 12,5 miliar dolar di Ekuador, pengelola proyek menyatakan pada Rabu.

"SK akan bertanggung jawab dalam konstruksi," kata Carlos Proano, dari perusahaan Pacific Refinery mengatakan "mereka melaksanakan penelitian dan membantu menciptakan sebuah penghimpunan untuk membiayai proyek, dengan lembaga kredit ekspor dan entitas lain."

Pemerintah Ekuador dan Venezuela, yang mendukung proyek sebagai alat untuk mengurangi ketergantungan pada penyuling AS, keduanya membenarkan berita.

Pendukung proyek berharap mendapatkan tempat keuangan pada Juli, dan memulai pekerjaan secepat mungkin, dengan target untuk selesai pada akhir 2013.

Proyek ini akan dibangun di dekat Manta dan Montecristi, di pantai Ekuador.

Meskipun pasar kredit ketat dan banyak proyek serupa diusulkan di Amerika Latin, kata Proano investor dari Inggris, Korea Selatan dan Jepang tertarik."

Pabrik dapat berkapasitas menyuling 300.000 barel minyak mentah per hari, yang dipasok oleh perusahaan yang dikelola negara PDVSA dari Venezuela dan Petroecuador.

Proyek ini diluncurkan pada Juli 2008 oleh presiden kedua negara.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010