Bogor (ANTARA News) - Petugas Polresta Bogor berhasil menangkap kembali Agus Gunawan alias Agus Ganteng, tahanan Lembaga Pemasyaraktan (Lapas) Paledang Bogor yang kabur pada 31 Desember 2009 lalu.

Kasat Reskrim Polresta Bogor, AKP Irwansyah, di Bogor, Jabar, Minggu, mengatakan Agus berhasil ditemukan dirumah temannya di Kecamatan Panimbangan, Kabupaten Pandeglang Banten.

Petugas Polresta terpaksa menembak betis kaki kiri Agus karena mencoba melawan petugas setelah tempat persembunyiannya berhasil ditemukan.

"Agus kita amankan tadi malam (Sabtu-red). Petugas terpaksa menembaknya pada bagian betis kaki kiri karena mencoba melawan petugas saat diamankan," ungkapnya.

Pelaku merupakan buronan Lapas Paledang, setelah kabur pada akhir 2009 saat sedang melakukan tugas diluar Lapas.

Ia kabur tanpa diketahui oleh petugas jaga dan aparat Lapas mengakui kaburnya Agus karena kelalaian petugas.

Kasus kaburnya Agus telah diambil alih oleh Kanwil Depkumham Jawa Barat, yang telah memeriksa sejumlah petugas lapas terkait kaburnya pelaku.

Agus merupakan tahanan kiriman dari Polsek Mekarsari, tersangka pencurian dan kekerasan, dihukum 1 tahun 7 bulan. Seharusnya Juli mendatang Agus sudah bisa bebas.

"Tapi terkait kasus ini, kita akan menindak lagi masa tahanannya," ucap Kalapas Paledang, Suwarso.

Irwansyah mengatakan, dalam penyisiran keberadaan Agus, usai melarikan diri dari Lapas Paledang, ia diketahui pergi ke daerah Cigombomg dan Panimbang.

Selama dua hari agus sembunyi di rumah saudaranya yang terletak di Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Persembunyian Agus, di rumah saudaranya di daerah Cigombong sudah terdeteksi oleh petugas.

Kemudian, ia berpindah sembunyi kerumah temannya di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, selama delapan hari.

"Pelarian Agus Gunawan berakhir di daerah Panimbang, dan rencananya besok hari Senin 11 Januari 2010 kami akan menyerahkan Agus ke Lapas Paledang," ungkap Irwansyah.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010