Mamuju (ANTARA News) - Sekitar 50 gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat dijanjikan akan mendapatkan bantuan sekitar 100 juta tahun 2010.

Bupati Kabupaten Mamuju, Drs Suhardi Duka, MM, di Mamuju, Minggu, mengatakan, bantuan dana Rp100 juta kepada 50 Gapoktan tersebut akan dianggarkan melalui APBD tahun 2010.

Ia mengatakan, bantuan tersebut juga akan diupayakan pemerintah kabupaten (Pemkab) Mamuju diberikan kepada seluruh Gapoktan di Mamuju yang jumlahnya secara keseluruhan mencapai sekitar 400 Gapoktan, secara bertahap.

Menurut dia, pada tahun 2008 Pemerintah Kabupaten Mamuju juga telah menyalurkan bantuan dana serupa kepada sekitar 30 gapoktan di wilayah kabupaten Mamuju ini.

Kemudian tahun 2009 juga menyalurkan bantuan dana tersebut kepada 35 Gapoktan di Mamuju sehingga sekitar 115 gapoktan di Mamuju telah mendapatkan bantuan tersebut.

Ia berharap bantuan tersebut dapat digunakan untuk menguatkan kelembagaan Gapoktan dalam menyusun program pertanian yang ada ditingkat desa sehingga sektor pertanian di wilayah ini terus meningkat.

Karena, menurut dia, Pemkab Mamuju akan lebih banyak meningkatkan pembangunan di wilayah ini melalui melalui sektor pertanian karena sektor pertanian dianggap signifikan dalam menambah pendapatan daerah ini.

"Tekad kita memajukan daerah ini menjadi daerah swasembada berbagai komoditi pertanian, khsususnya beras untuk menunjang target produksi beras nasional sebesar dua juta ton," ujarnya.(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010