Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan sudah menyiapkan diri untuk menghadapi Panitia Angket Kasus Bank Century DPR pada Rabu (13/1).

"Ya saya menyiapkan, memastikan saja apa yang mungkin akan ditanyakan, disiapkan apa yang pernah kita lakukan," kata Menkeu usai sidang kabinet terbatas di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Ketika ditanya apakan Buku Putih kasus Bank Century yang diterbitkan Depkeu juga akan diberikan kepada anggota Pansus, Menkeu mengatakan, buku itu akan diberikan kepada siapa saja yang ingin membaca apa yang terjadi dan dilakukan dari sisi pemerintah selama ini serta mungkin tidak diketahui publik.

Sebelumnya, Depkeu pada Senin (11/1) membagikan Buku Putih kasus Bank Century yang berjudul "Upaya Pemerintah dalam Pencegahan dan Penanganan Krisis".

Buku dengan halaman muka berwarna dasar putih itu dihiasi berbagai kutipan judul koran soal perlunya upaya cepat dan tepat pemerintah menghadapi krisis seperti kekhawatiran akan ancaman krisis keuangan global yang bisa menimpa Indonesia.

Dengan jumlah halaman sebanyak 74 lembar, buku ini berusaha memaparkan secara lengkap proses pengambilan keputusan pemberian dana talangan kepada Bank Century yang dilakukan KSSK antara lain bahwa prosedur ini dilakukan dengan niat baik dan pertimbangan akal yang sehat, semata-mata demi keselamatan perekonomian nasional.

Buku yang dibuat oleh tim asistensi Sosialisasi Kebijakan Pencegahan dan Penanganan Krisis Sistem Keuangan Depkeu ini juga menjelaskan bahwa keberhasilan pemerintah dalam mencegah krisis keuangan dunia dan menerpa perekonomian Indonesia merupakan hasil dari tindakan-tindakan yang diambil pemerintah dengan cepat serta didukung DPR.

Buku yang terdiri dari sepuluh bab ini selain menjelaskan ancaman krisis keuangan global yang terjadi pada tahun 2008, juga menjelaskan respon pemerintah dalam menghadapi krisis itu serta peran yang diambil BI, KSSK dan LPS dalam mengantisipasi krisis serta kronologis dalam pengambilan keputusan KSSK.

Juga dipaparkan mengenai dasar pertimbangan KSSK dalam pengambilan keputusan Bank Century dan biaya yang dikeluarkan serta akuntabilitas dan pelaporan kasus ini.

Pansus selain akan memanggil Menkeu, pada Rabu (13/1) juga mengagendakan menghadirkan mantan sekretaris KSSK Raden Pardede dan mantan Wapres Jusuf Kalla.(*)

Pewarta: luki
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010