New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham Wall Street tergelincir pada Selasa waktu setempat, setelah hasil kuartalan dari Alcoa mengecewakan untuk memulai musim laporan pendapatan perusahaan di AS, menyuntikkan sebagian kehati-hatian di pasar.

Dow Jones Industrial Average turun 37,03 poin (0,35 persen) menjadi 10.626,96 pada penutupan bel, karena blue chips mundur dari penutupan tertinggi 15-bulan pada Senin.

Indeks komposit saham teknologi Nasdaq menyusut 30,14 poin (1,30 persen) menjadi 2.287,27 dan indeks Standard & Poor`s 500 mundur 10,80 poin (0,94 persen) ke awal penutupan 1.136,18.

Banyak pasar global diperdagangkan melemah dalam menanggapi hasil Alcoa, dilihat sebagai pertanda musim pendapatan dan kesehatan sektor korporasi.

Raksasa aluminium, yang pertama dari perusahaan blue-chip untuk merilis hasil keuangan, melaporkan kerugian kuartalan 277 juta dolar. Tidak termasuk satu kali item perusahaan membukukan keuntungan satu sen per saham, jauh di bawah ekspektasi pasar.

Patrick O`Hare dari Briefing.com mengatakan Alcoa gagal untuk menghasilkan kepercayaan baik dengan baris atasnya pendapatan, atau garis bawah, keuntungan.

"Itu adalah memalukan memulai musim pelaporan pendapatan kuartal keempat, sebagai komponen Dow Alcoa kurang dari konsensus perkiraan pendapatan para analis," katanya.

"Alcoa melemahkan pembicaraan pada kenyataan bahwa pemulihan ekonomi tidak sekuat pasar saham, mungkin akan membawa kita untuk berpikir itu."(*)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010