Yogyakarta (ANTARA News) - Metode relaksasi "hypno-birthing" dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan karena mengajarkan ibu untuk menyatu dengan gerak serta ritme dari tubuh secara alami saat proses persalinan.

"Melalui metode itu ibu diajarkan membiarkan tubuh dan pikirannya untuk bekerja dan meyakini bahwa tubuh mampu berfungsi sebagaimana mestinya sehingga rasa sakit menghilang," kata dosen Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Warih Andan Puspitosari di Yogyakarta, Rabu.

Ia mengatakan metode itu mengajarkan ibu untuk menjalankan teknik relaksasi yang alami sehingga tubuh dapat bekerja dengan seluruh saraf secara harmonis dan dengan kerja sama penuh, bukannya melawan.

"Metode relaksasi hypno-birthing didasarkan pada keyakinan bahwa perempuan dapat mengalami persalinan melalui insting untuk melahirkan secara alami dengan tenang, nyaman, percaya diri, dan dengan intervensi medis yang minimal," katanya.

Dalam persalinan, menurut dia, rasa nyeri dapat terabaikan dengan cara relaksasi, visualisasi, dan afirmasi, karena pada dasarnya manusia biasa memusatkan perhatian pada satu hal saja pada suatu waktu.

Saat manusia memusatkan perhatian pada satu objek atau sensasi, perasaan lain akan dikesampingkan.

Hal ini juga berlaku pada proses persalinan, ketika pikiran dalam keadaan tenang menerima keyakinan bahwa persalinan akan berlangsung secara alami, nyaman, dan lancar, ibu akan mengalami seperti apa yang diyakini.

"Oleh karena itu, dengan melakukan relaksasi, visualisasi dan afirmasi, rasa nyeri dalam persalinan dapat diminimalkan," katanya. (*)

Pewarta: jafar
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010