Washington (ANTARA News) - Ekonomi AS melihat perbaikan lebih luas dalam aktivitas, meskipun kondisinya masih lamban, demikian laporan Bank Sentral AS atau Federal Reserve dalam Beige Book, Rabu, seperti dilaporkan AFP.

Laporan yang akan digunakan oleh para pembuat kebijakan dalam pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 26-27 Januari itu menunjukkan data dari 12 kabupaten, Federal Reserve memperlihatkan perbaikan moderat di bidang utama, seperti pengeluaran konsumen, manufaktur dan perumahan.

Data "mengindikasikan bahwa aktivitas ekonomi sementara tetap pada tingkat yang rendah, kondisi telah membaik lebih moderat, dan perbaikan ini lebih luas secara geografis daripada dalam laporan terakhir," kata Beige Book.

Sepuluh kabupaten melaporkan beberapa peningkatan kegiatan atau perbaikan dalam kondisi, sedangkan sisanya dua -- Philadelphia, Pennsylvania, dan Richmond, Virginia -- melaporkan "kondisi beragam."

Ini lebih baik daripada Beige Book terakhir ketika delapan kabupaten menunjukkan aktivitas meningkat, empat masih sedikit berubah.

Sebagian besar kabupaten melaporkan belanja konsumen pada musim liburan "itu sedikit lebih besar dari pada 2008, tetapi masih jauh di bawah level 2.007."

Penjualan mobil yang bertahan stabil atau sedikit meningkat sejak Beige Book terakhir di hampir semua daerah. Aktivitas manufaktur "telah meningkat atau bertahan tetap sejak laporan terakhir di sebagian besar kabupaten," katanya menambahkan.

Penjualan rumah meningkat di sebagian besar wilayah, terutama untuk rumah murah, dengan harga sedikit berubah.

Dalam pasar tenaga kerja yang kritis, The Fed mengutip "beberapa mempekerjakan" dalam beberapa negara bagian tetapi mengatakan "kondisi pasar tenaga kerja umumnya tetap lemah dengan kenaikan upah moderat muncul di beberapa kabupaten." (*)

Pewarta: handr
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010