Jakarta (ANTARA News) - PSSI akan membentuk sebuah wadah baru, Badan Pembinaan dan Pengembangan Pemain Usia Muda (BPPUM), untuk lebih mengoptimalkan pembinaan pemain usia dini.

Wadah ini akan lebih berkonsentrasi pada proses penciptaan pemain dari usia dini melalui kompetisi yang berjenjang dan berkesinambungan.


"Badan ini kita bentuk sebagai bagian dari antisipasi kita dalam memenuhi kebutuhan para pemain berbakat dari usia dini. Proses pembinaan dari usia dini tidak bisa dilakukan dengan setengah- setengah, harus serius, fokus dan melalui kompetisi berjenjang serta berkesinmabungan," kata Ketua Umum PSSI Nurdin Halid dikutip dari Humas PSSI, Jumat.

BPPUM, menurut Nurdin Halid, nantinya akan fokus untuk mengelola berbagai kompetisi dari usia dini dan muda, dari mulai kategori festival (di bawah usia 13 tahun), hingga kompetisi U-15 dan U-18.

"Kompetisi usia muda yang sudah sekarang, seperti Liga Medco atau U-18, tetap saja berjalan. Tetapi proses kompetisinya akan diipantau lebih ketat untuk memperoleh materi pemain muda yang memang bisa kita bina lebih baik lagi," kata Nurdin Halid, seraya menunjuk kompetisi U-21 yang "digandengkan" dengan penyelenggaraan Liga Super.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010