Banjarmasin, Kalsel (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono meminta para siswa didik mau membaca buku-buku biografi tokoh-tokoh sukses sehingga bisa menimbulkan inspirasi untuk memacu diri sendiri.

"Bacalah biografi para pemimpin. Pemimpin internasional atau dalam negeri yang inspiratif, yang biasa bisa memberikan inspirasi," kata Wapres Boediono saat berdialog dengan para pelajar dan pendidikan di SMK 4 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Sabtu.

Menurut Boediono, bacaan yang inspiratif akan bisa memacu para siswa untuk meniru atau bahkan memunculkan inspirasi baru.

"Ini (bacaan inspiratif) menimbulkan inspirasi. Menginspirasikan diri itu mutlak," kata Wapres.

Wapres menjelaskan bangsa-bangsa di dunia mampu bertahan dan unggul karena kualitas dan kreativitas mereka. Menurut Wapres, kreativitas biasanya muncul dari inspirasi.

Dalam kesempatan itu Wapres mengingatkan para siswa agar bersiap untuk memimpin bangsa. Menurut Wapres persaingan antara negara pada intinya merupakan persaingan antarindividu.

Dalam globalisasi, tambahnya, bangsa yang bisa bertahan adalah memperbaiki kualitas. Menurut Wapres globalisasi harus dihadapi, tidak bisa menutup diri, memasang pagar baik fisik maupun mental.

"Yang terbaik menyiapkan diri. Kuncinya orang-orangnya, pemimpin-pemimpinnya," kata Wapres.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010