Cabinda, Angola (ANTARA News/AFP) - Pantai Gading menjadi tim pertama yang mencapai babak perempat final Piala Afrika 2010 lewat kemenangannya 3-1 atas Ghana yang sementara ini menempati urutan terbawah klasemen Grup B pada Jumat.

Pantai Gading yang berjuluk tim Gajah itu, tampil cemerlang kendati hanya bermain dengan 10 pemain mulai menit ke-56 ketika bek Arsenal Emmanuel Eboue dikenakan hukuman kartu merah karena melakukan penjegalan semena-mena dari belakang terhadap Opoku Agyemang dengan timnya sudah unggul satu gol.

Kemenangan itu mengangkat tim favorit juara tersebut mengantongi empat poin dari dua pertandingan dan mereka akan bergabung di babak perempat final atau tahap sistem gugur dengan Burkina Faso atau Ghana, yang akan bertemu Selasa dalam suatu pertandingan yang menyerupai final liga-mini.

Togo, negara lain yang sebenarnya masuk dalam grup itu, mengundurkan diri menjelang turnamen itu digelar hri Minggu lalu setelah konvoi bus yang mengangkut mereka ke Angola diserang kelompok bersenjata di daerah kantong Cabinda di Angola utara.

Pemain depan klub Lille, Kouassi `Gervinho` Yao, membuat Pantai Gading unggul di pertengahan babak pertama di stadion baru Chiazi yang berkapasitas 20.000 penonton itu, sementara Siaka Tiene mencetak gol langsung dari tendangan bebasnya setelah pertandingan berlangsung 67 menit dan striker Chelsea Didier Drogba menyempurnakan kemenangan itu di menit-menit akhir.

Ghana berhasil mencetak satu gol hiburan di pertambahan menit setelah 90 menit melalui satu tendangan penalti oleh Asamoah Gyan setelah ia dijatuhkan oleh Souleman Bamba.

"Kamu semua sudah lega," ujar Drogba. "Kami bermain konsisten sejak awal pertandingan. sekalipun kami mendapat kesulitan namun kami tetap solid dan melakukan serangan-serangan balasan dengan gencar."

Pelatih Vahid Halilhodzic melakukan satu perubahan pada tim Pantai Gading itu yang tidak bermain cemerlang saat ditahan tanpa gol oleh Burkina Faso pada Senin lalu, dengan pemain depan Chelsea Salomon Kalou menggantikan posisi Bakary Kone.

Ghana memulai pertandingan itu tanpa diperkuat delapan pemain pilihan-pertama yakni bek John Pantsil dan John Mensah, pemain tengah Anthony Annan, Stephen Appiah, Michael Essien, Laryea Kingson serta Sulley Muntari dan striker Asamoah Gyan.

Absennya banyak pemain reguler itu menyebabkan kiper Wigan dan juga kapten pilihan-keempat, Richard Kingson, saudara Laryea, harus mengenakan ban lengan kapten hingga Essien masuk di babak kedua bersama dengan Gyan.

Masuknya Essien, yang baru bermain lagi untuk pertama kali sejak awal Desember lalu saat ia cedera dalam pertandingan Liga Champions, memberi harapan pada juara empat-kali itu dan keluarnya Eboue lewat kartu merah mengancam bakal terjadinya ketidakseimbangan itu.

Namun semua itu tidak menjadi kenyataan, kendati kekurangan satu pemain, tim Pantai Gading tidak terpengaruh dan terus melakukan serangan gencar dan Drogba menandukkan gol penentu kemenangan dari satu umpan sayap-kiri di menit ke-90 untuk menyempurnakan kesuksesan Pantai Gading melaju ke perempat final.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010