Washington (ANTARA News/Reuters) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton bertolak ke Haiti pada Sabtu dengan menumpang pesawat yang membawa pasokan bantuan bagi negara di Karibia itu yang dihantam gempa bumi, kata sejumlah pejabat AS.

Hillary dan Direktur Badan AS bagi Pembangunan Internasional Rajiv Shah berencana bertemu dengan Presiden Haiti Rene Preval dan para pekerja bantuan AS selama lawatan sehari mereka ke Haiti, tempat jumlah korban tewas akibat gempa pada Selasa diperkirakan mencapai hingga 200.000 orang.

Para pejabat AS dan pesawat Hillary akan membawa pasokan dan makanan bernilai ribuan dolar AS bagi 140 staf kedutaan AS di Haiti.

Penguasa Haiti mengatakan pada Jumat mereka meyakini sebanyak 200.000 orang meninggal dalam gempa yang melanda negara miskin itu dan tiga perempat ibu kotanya, Port-au-Prince, akan membutuhkan dana untuk pembangunan kembali.

Clinton, yang mempersingkat lawatannya di kawasan Asia Pasifik Rabu karena gempa itu, mengatakan Jumat kunjungannya ke Haiti bertujuan melihat dari dekat tingkat kerusakan dan usaha pertolongan.

"Kami juga akan menyampaikan langsung dan pribadi kepada rakyat Haiti dukungan kami, solidaritas dan simpati," katanya dalam keterangan persnya. (*)

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010