Lubango, Angola,(ANTARA News) - Ini bakti dari pemain kelas dunia yang kini membela Inter Milan,Samuel Eto'o untuk negeriasalnyaKamerun. Negeri yang pada2008 tampil sebagai finalis, bangkit kembali dari ancaman tersingkir dari kancah pertandingan kompetisi Piala Afrika setelah Minggu malam menang 3-2 atas Zambia.

Kamerun, yang bermain di Piala Dunia dan sempat kecolongan akibat kesalahan Rigobert Song, naik ke urutan kedua setelah mendapat tiga angka pada dua laga Grup D, satu angka di bawah Gabon, yang sebelumnya ditahan imbang 0-0 oleh Tunisia, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Tunisia mengantongi dua poin, satu angka di atas Zambia, yang akan melawan Gabon, Kamis, pada pertandinan terakhir penyisihan grup.

Zambia hanya membutuhkan waktu delapan menit untuk memimpin pertandingan hasil permainan Song, yang berusia 34 tahun dan memiliki rekor bermain untuk kedelapan kali untuk Kamerun dalam final Piala Afrika.

Song, yang bersalah ketika gawangnya kemasukan satu gol saat mereka bermain lawan Gabon pada pembuka kompetisi, mengirim bola kepada striker Jacob Mulenga, yang dengan cepat memasukkan bola ke dalam gawang lawan.

Zambia bertahan hingga menit ke-68 sampai akhirnya penjaga gawang Kennedy Mweene gagal menahan bola tendangan Geremi yang melaju tidak terlalu keras, setelah lepas dari tangannya dan melewati garis putih gawang.

Striker Inter Milan Samuel Eto`o menambah angka untuk Kamerun setelah bergerak secara brilian menembus pertahanan lawan dan melejitkan bola ke dalam gawang pada menit ke-72.

Tim asuhan Paul Le Guen itu akhirnya kemasukan satu gol lagi sehingga kedudukan sama, ketika Chris Katongo melakukan tendangan penalti pada menit ke-81.

Tetapi Mohamadou Idrissou, yang sebelumnya duduk di bangku cadangan, berhasil menciptakan angka kemenangan Kamerun setelah mendapat umpan dari rusuk kiri, yang dilayangkan Geremi.

Pertandingan antara Gabon dan Tunisia di Lubango yang diwarnai turunnya hujan lebat tidak berlangung mulus. Gabon Panthers mendominasi permainan tetapi belum berhasil maju ke putaran selanjutnya dan mereka masih memiliki sisa satu pertandingan lagi.

Gabon berhasil menjinakkan tendangan penalti pada akhir pertandingan setelah Ammar Jemel dijatuhkan Daniel Cousin di kotak penalti.

Hasil pertandingan :

- Kamerun 3 Zambia 2 di Stadion Tundavala, Lubango.



Pencetak gol:

Cameroon: Geremi 68, Samuel Eto`o 72, Mohamadou Idrissou 86

Zambia: Jacob Mulenga 8, Christopher Katongo 81pen

Tim:

Kamerun: 1-Idriss Carlos Kameni; 12-Henri Bedimo (2-Gilles

Binya 46), 8-Geremi, 3-Nicolas Nkoulou, 4-Rigobert Song;

6-Alexandre Song, 10-Achille Emana (5-Aurelien Chedjou 75),

11-Jean Makoun, 19-Stephane Mbia (17-Mohamadou Idrissou 46);

9-Samuel Eto`o, 13-Somen Tchoyi.



Zambia: 16-Kennedy Mweene; 4-Joseph Musonda (21-Emmanuel

Mayuka 77), 6-Emmanuel Mbola, 15-Kampamba Chintu, 19-Thomas

Nyirenda; 13-Stophira Sunzu, 17-Rainford Kalaba (2-Francis

Kasonde 53), 10-Felix Katongo (8-Isaac Chansa 62),

11-Christopher Katongo; 12-James Chamanga, 7-Jacob Mulenga.

Wasit: Khalil Ibrahim Al Ghamdi (Arab Saudi).(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010