Milan,(ANTARA News) - Ronaldinho menyambangi Dewi Fortuna dengan melakukan hatrik ketika menolong AC Milan yang bermain dengan 10 orang saat memenangi pertandingan 4-0 atas Siena, Minggu, dan mendekatkan jarak enam poin dengan pimpinan klasemen Liga Italia Inter Milan.

Perburuan gelar juara lebih terbuka karena Inter hanya bermain imbang 2-2 di Bari, Sabtu, sedangkan Milan masih memiliki beda satu pertandingan dan kedua tim papan atas itu bertemu dalam laga derby akhir minggu mendatang, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Juventus semakin jauh dari perburuan gelar setelah kalah 0-1 di Chievo, merupakan kekalahan kelima dalam tujuh pertandingan dalam semua kompetisi.

Gennaro Sardo menjalakan bola ke dalam gawang tim tuan rumah yang mendominasi pertandingan, pada babak pertama, sedangkan pelatih Juve Ciro Ferrara menyalahkan pemain cedera membuat timnya tampil kurang prima.

Tim asuhan Claudio Ranieri, AS Roma, menggeser bekas klubnya Juve ke urutan kelima dan 11 angka terpaut dari Inter, setelah striker sewaan Luca Toni melakukan gebrakan dua gol awalnya untuk klub itu pada pertandingan yang berakhir 3-0 di Genoa.

Roma bertandang ke Juve Sabtu depan sementara Stadion Olimpico Turin ditutup karena pendukung mereka tetap meneriakkan nyanyian rasialis terhadap striker Inter Mario Balotelli.

Napoli berada di urutan keempat, satu angka di atas tim urutan kelima Juve, setelah bermain imbang 0-0 di kandang dengan Palermo pada laga "Derby Selatan" antara dua tim yang mendapat dukungan terbaik di Italia itu.

Pemain Palermo Fabrizio Miccoli gagal melancarkan tendangan penalti ketika ia mendapat sorotan sinar laser dari pendukungnya sedangkan rekan setimnya Simplicio gagal menembus gawang kendati ia sudah berhadapan dengan penjaganya.

Milan mengawali permainan dengan memprihatinkan di bawah asuhan pelatih baru Leonardo namun mereka tertolong dengan tampilnya Ronaldinho dan Marco Borriello, yang seperti halnya Toni, yang sedang berusaha masuk tim Piala Dunia Italia.

Striker Borriello dijatuhkan penjaga gawang Gianluca Curci, yang langsung mendapat kartu merah, dan Ronaldinho melancarkan tendangan penalti untuk mendapatkan gol pertama timnya.

Borriello mendapat peluang ketika bola melayang ke arahnya hasil operan Andrea Pirlo dan ia melakukan tendangan salto yang mendapat sambutan meriah dari penonton di San Siro.

Ronaldinho, tampil piawai sehingga pantas mendapat gelar pemain terbaik dunia pada 2004 dan 2005, menyambut bola hasil tendangan pojok kedua David Beckham yang menusuk pojok gawang lawan, mengingatkan penonton tentang masa kejayaan di Barcelona.

Siena, tidak beruntung karena kalah 3-4 lawan Inter minggu lalu, terletak di urutan terbawah setelah saingannya Catania bermain imbang 1-1 di Sampdoria dan Atalanta mengalahkan Lazio 3-0 di kandang sendiri.

Bologna juga mengejutkan lawan ketika memenangi pertandingan 2-1 atas Fiorentina sedangkan tim yang lagi tertatih-tatih Udinese main imbang 0-0 di Parma pada pertandingan yang berlangsung kasar.(*)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010