Tangerang (ANTARA News) - Penyeberangan perahu motor dari Tanjung Pasir, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Banten, menuju Pulau Untung Jawa dan pulau lainnya di gugusan Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta atau sebaliknya terhenti karena ombak besar.

Pemantauan ANTARA, Senin, sejumlah perahu motor bersandar di dermada Tanjung Pasir, Kecamatan Pakuhaji, Tangerang akibat ombak besar yang melanda perairan Laut Jawa sejak tiga hari terakhir ini.

Para pemilik perahu motor terpaksa memarkir beberapa hari menunggu ombak mulai stabil di dermaga yang letaknya berdekatan dengan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Surya Bahari itu.

Dermaga Tanjung Pasir merupakan salah satu tempat bersandar bagi perahu mencari ikan di perairan Laut Jawa dan tempat naik dan turun penumpang dari Pulau Untung Jawa ke Tangerang atau sebaliknya.

Warga Kelurahan Untung Jawa, Kabupaten Admistratif Kepulauan Seribu itu membeli aneka kebutuhan sandang dan pangan ke Pasar Mauk, Kabupaten Tangerang bukan ke Jakarta Utara karena letaknya lebih jauh.

Namun akibat ombak besar, banyak juga perahu motor tempel milik warga Pulau Untung Jawa yang tidak dapat kembali pulang dan bertahan di Tangerang karena cuaca di laut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan bahwa ombak besar dengan ketinggian mencapai tiga meter melanda perairan Banten pekan ini, sehingga nelayan diharapkan selalu waspada.

Sementara itu, petugas TPI Surya Bahari Kecamatan Pakuhaji, Syamsudin membenarkan adanya pemilik perahu yang tidak dapat menyeberang.

Bahkan, kata Syamsudin, ada sebagian warga Pulau Untung Jawa yang hendak pulang harus ke Jakarta terlebih dahulu melewati jalan darat menuju Muara Angke, Jakarta Utara dengan menggunakan kapal ukuran besar.

"Warga Pulau Untung Jawa harus mengeluarkan uang lebih banyak jika hendak ke Tangerang bila ombak besar karena harus melalui Jakarta," katanya.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010