Den Haag,  (ANTARA News) - Ratusan masyarakat yang tinggal di Belanda, termasuk sejumlah mahasiswa Nijmengen, Belanda, melakukan aksi demonstrasi menentang agresi Israel ke Jalur Gaza.

Aksi demonstrasi ini rencananya akan dilakukan di Nijmengen, Belanda sekitar pukul 14.00 waktu Belanda, Sabtu, dengan mengambil start di Nijmengen Central Stassione mengelilingi centrum. Aksi ini, mendapat pula dukungan dari sejumlah kalangan organissi keagamaan di negeri kincir angin tersebut.

"Peperangan ini harus dihentikan karena Israel membunuh banyak manusia, korbannya sebagian besar anak-anak dan wanita" jelas salah seorang koordinator, Maimun seraya menambahkan bahwa aksi ini mendapat dukungan dari sejumlah komunitas, seperti masyarakat Turki, Maroko dan Indonesia.

Aksi simpati ini merupakan bentuk keprihatinan terhadap konflik jalur Gaza yang telah banyak menelan korban, khususnya masyarakat Palestina. "Penyerangan Israel terhadap Palestina selalu dijustifikasi untuk melawan militansi Hamas, namun sebenarnya, Israel mau merebut sebagian wilayah Palestina," jelas salah seorang warga Maroko, Syaifa.

Sejumlah komunitas Nijmengen juga mendesak PBB untuk segera mengambil sikap terhadap aksi Israel yang semakin gencar memborbardir Palestina tanpa menghiraukan ribuan nyawa manusia yang telah menjadi korban. (*)

(K-RS).

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2009