Lisbon (ANTARA News/AFP) - Dana Moneter Internasional (IMF) pada Rabu memperingatkan Portugal dari "kritis" pentingnya mendapatkan keuangan publik karena kekhawatiran atas meningkatnya tingkat utang di pasar menghantam zona euro.

"Konsolidasi fiskal sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan susah payah menjaga kredibilitas," kata IMF dalam sebuah laporan pada ekonomi Portugis, mendesak Portugal untuk mengendalikan gaji sektor publik dan pengeluaran sosial.

IMF mengatakan defisit Portugal untuk 2009 akan datang ke sekitar delapan persen pada 2009 dan dapat meningkatkan lebih lanjut pada 2010 sebelum turun kembali menjadi sekitar lima atau enam persen pada 2013, sementara rasio utang berada di sekitar 100 persen dari PDB.

"Pencapaian target defisit pemerintah tiga persen dari PDB (produk domestik bruto) pada 2013 dengan demikian kritis," tambah IMF, merujuk pada ambang batas ideal tiga persen yang ditetapkan oleh 16 negara zona euro.

"Konsolidasi harus berfokus pada arus primer mengurangi pengeluaran, terutama upah publik tagihan dan transfer sosial," dia melanjutkan.

Pemerintah Perdana Menteri Jose Socrates saat ini sedang dalam pembicaraan dengan partai-partai oposisi untuk mencapai kesepakatan mengenai anggaran 2010.

Menteri Keuangan Fernando Teixeira dos Santos telah menyarankan gelombang privatisasi dalam rangka untuk membantu mengurangi utang Portugal.

Yunani saat ini terperosok ke krisis utang terburuk di zona euro, yang telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor tentang apakah pemerintah Eropa siap untuk menangani dampak politik dari pemotongan rekor tertinggi tingkat utang.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010