TOKYO, 20 Januari (ANTARA/Kyodo AsiaNet) -- Organisasi Soka Gakkai International (SGI) di seluruh dunia telah memberi sumbangan untuk membantu upaya pertolongan di Haiti menyusul gempa yang memporak-porandakan negeri itu pada Selasa, 12 Januari 2010.

     Pada 15 Januari, Wakil Presiden Soka Gakkai Japan Kenji Yoshigo menemui Jean Cluade Bordes, Kuasa Usaha di Kedutaan Besar Republik Haiti di Tokyo, untuk menjanjikan sumbangan sebanyak 3 juta yen (32.900 dollar AS) bagi kegiatan bantuan yang diselenggarakan pemerintah. Dalam upacara yang diadakan di Jepang pada 17 Januari untuk mengenang korban gempa kuat yang mengguncang kota pelabuhan Kobe pada tanggal itu 1995, anggota Soka Gakkai menyampaikan doa khusus buat semua korban tragedi kemanusiaan yang belum terungkap di Haiti.

     Semua anggota SGI di negara tetangga Haiti, Republik Dominika telah menyumbang 2.400 botol air, makanan kaleng, susu bubuk, dan biskuit kepada Gerakan Sosial Budaya NPO bagi Pekerja Haiti (MOSCTHA). Emat anggota SGI dari Republik Dominika, termasuk dua dokter, telah pergi ke Haiti bersama tim MOSCTHA untuk membantu pembagian bantuan medis darurat.

     SGI-Venezuela telah menjanjikan bantuan berupa bahan makanan, popok dan handuk bersih melalui Palang Merah Venezuela.

     SGI-USA telah menyumbang 10.000 dollar AS kepada Dana Reaksi Internasional Palang Merah Amerika dan melaksanakan doa buat ketenangan jiwa semua korban.

     Selain itu, SGI-Hong Kong telah menyumbang 200.000 dollar HK (25.750 dollar AS) kepada Komittee UNICEF Hong Kong untuk mendukung kegiatan bantuan, dan Taiwan Soka Association telah menjanjikan 1 juta dollar Taiwan (31.420 dollar AS) buat upaya pertolongan melalui Kementerian Dalam Negeri, yang bertanggung jawab atas bantuan kemanusiaan.

     SGI adalah perhimpunan umat Buddha dengan lebih dari 12 juta anggota di seluruh dunia yang mendorong perdamaian, kebudayaan dan pendidikan. Kegiatan bantuan kemanusiaannya adalah bagian dari tradisi lama keterlibatan sosial Buddhisme.

     Sumber : Soka Gakkai International

     Kontak:
     Joan Anderson
     Kantor Penerangan Umum
     Soka Gakkai International
     Tel: +81-3-5360-9482
     Fax: +81-3-5360-9885
     URL: www.sgi.org
     E-mail: janderson@sgi.gr.jp

Pewarta: prwir
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2010