Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Tbk akan mengakuisisi perusahaan jasa informasi dan teknologi di bidang layanan kesehatan (e-health) dengan nilai sekitar Rp150 miliar.

"Proses akuisisi sedang berlangsung yang diharapkan rampung dalam waktu dekat. Penandatanganan perjanjian jual beli bersyarat (CSPA) akan dilakukan hari ini (Jumat, 22/1)," kata Direktur Utama Rinaldi Firmansyah, usai penandatanganan kerja sama Telkom-Lapan di Jakarta, Jumat.

Menurut Rinaldi, akuisisi e-health tersebut merupakan bagian dari rencana ekspansi perusahaan di 2010. "Selain e-health, kami juga akan mengakuisisi dua perusahaan di bidang jasa TI lainnya," katanya.

Ia menjelaskan, pada 2010 perusahaan mengalokasikan dana sekitar Rp1 triliun untuk keperluan akuisisi sejumlah perusahaan.

Meski demikian, Rinaldi tidak merinci secara jelas nama-nama perusahaan yang akan diambil alih.

Ia hanya menuturkan, dalam setiap akuisisi, Telkom menginginkan menjadi pemegang saham mayoritas.

Menurutnya, aksi korporasi perusahaan mengakuisisi perusahaan berbasis IT sesuai dengan transformasi bisnis Telkom menjadi perusahaan berbasis TIME (Telekomunikasi, Informasi, Media, dan Edutaintment).

"Bisnis utama sudah berjalan pada jasa telekomunikasi seperti telepon tetap, seluler, data dan internet. Ke depan akan dikembangkan pada jasa media dan edukasi," katanya.

Karena itu diutarakan Rinaldi, Telkom saat ini belum berniat untuk mengakuisisi perusahaan jasa telekomunikasi.

Sebelumnya berkembang isu bahwa Telkom akan membidik saham PT Mobile-8. Namun hal itu langsung dibantah Rinaldi. "Kami bukan bagian dari transaksi itu (Mobile-8)," tegasnya. (*)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010