Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak duapuluh pemain putra dan putri memperkuat tim Piala Thomas dan Uber yang akan mengawali babak kualifikasi zona Asia pada 21-28 Februari di Nakornratchasima, Thailand.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI, Lius Pongoh, Jumat, mengatakan nama-nama tersebut telah disampaikan ke Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) pada 22 Januari.

Dari ke-20 nama tersebut terdapat beberapa nama pemain yang sudah mengundurkan diri dari Pelatnas Cipayung, di antaranya pemain tunggal putra Taufik Hidayat dan spesialis ganda Alvent Yulianto.

Taufik yang sekarang menempati peringkat empat dunia dan Alvent yang bersama Hendra Aprida Gunawan duduk di peringkat enam dunia, sudah setahun berprofesi sebagai pemain profesional.

Ganda putra juara Olimpiade Markis Kido/Hendra Setiawan juga akan menjadi tumpuan tim agar dapat lolos ke babak final yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 9-16 Mei.

Selain mereka, tim Thomas mengandalkan Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Rian Sukmawan, Yonathan Suryatama, dan Mohammad Ahsan.

Dalam tim Piala Uber, Maria Febe Kusumastuti merupakan satu-satunya pemain yang diambil dari luar Pelatnas.

Tahun 2002 Indonesia mencetak rekor dengan memenangi Piala Thomas lima kali berturut-turut, namun sejak itu pula Tim Merah Putih tidak pernah lagi menjuarainya. Tahun lalu saat menjadi tuan rumah, Indonesia hanya sampai babak semifinal.



Berikut ini nama-nama lengkap tim Piala Thomas dan Uber Indonesia:


Tim Thomas:

1. Taufik Hidayat

2. Sony Dwi Kuncoro

3. Simon Santoso

4. Tommy Sugiarto

5. Markis Kido

6. Hendra Setiawan

7. Rian Sukmawan

8. Yonathan Suryatama

9. Moh. Ahsan

10. Alvent Yulianto


Tim Uber:

1. Adriyanti Firdasari

2. Maria Febe

3. Maria Kristin

4. Aprilia Yuswandari

5. Greysia Polii

6. Nitya Krishinda M

7. Shendy Puspa

8. Meiliana Jauhari

9. Lilyana

10. Anneke Feinya.(*)

Pewarta: rusla
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010