Sukabumi (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menilai pembangunan jalan tol di beberapa daerah masih menghadapi masalah pembebasan tanah, padahal jalan tol dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat.

"Beberapa daerah yang masih terkendala pembebasan tanah untuk jalan tol antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan luar Jawa," katanya usai meresmikan jembatan prototipe Beruji Kabel (Cable Stayed) `Pusjatan Palibaja di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jabar, Senin.

Menurutnya, pembebasan tanah sejak dulu sering menghadapi kendala dalam pembangunan jalan tol sehingga pemerintah provinsi dan pemkab/pemkot ikut aktif memfasilitasi pembebasan tanah.

Djoko mengatakan tidak ada batas waktu untuk pembebasan tanah, namun yang terpenting pemerintah pusat dan daerah bekerja keras bersama untuk menyelesaikannya.

"Bahkan, dalam lima tahun ke depan Kementerian PU menargetkan pembangunan jalan tol Trans Jawa dari Cikampek hingga Surabaya. Anggaran untuk pembangunan ruas tol ini mencapai puluhan triliun rupiah," katanya.

Terkait peresmian tol Kanci-Pejagan yang rencananya dilakukan Selasa (26/1), menurut Djoko hingga kini tidak menemui hambatan.(*)

Pewarta: mansy
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010