Valleta, (ANTARA News) - Presiden UEFA Michel Platini kembali menyatakan keyakinannya bahwa tambahan dua wasit dalam pertandingan sepak bola merupakan solusi terbaik untuk mengurangi kesalahan dalam perwasitan.

"Tambahan dua pasang mata adalah lebih baik. Hal ini akan mengurangi kesalahan," kata Platini setelah tiba di Malta, Selasa, untuk pertemuan komite eksekutif UEFA akhir pekan ini, sebagaimana dikutip dari Reuters.

UEFA telah mencoba penggunaan lima wasit dalam pertandingan Liga Eropa musim ini.

"Kita sudah bicara banyak soal perwasitan, tapi kita juga harus melihat bahwa sepak bola telah banyak berubah dari tahun ke tahun," katanya.

"Jika saya melakukan handball di kotak penalti pada 20 tahun lalu mungkin tidak ada yang memperhatikan, tapi sekarang berbeda, karena ada begitu banyak kamera televisi yang merekam situasi dan menayangkan setiap kesalahan wasit.

"Jika kita melihat contoh pada insiden saat pertandingan kualifikasi Piala Dunia antara Prancis dan Irlandia, wasit tidak melihat apa yang dilakukan Thierry Henry," katanya.

"Saya yakin bahwa jalan terbaik memperbaiki perwasitan adalah menambah petugas yang memantau pertandingan," ujarnya.

Menurut Platini penambahan jumlah wasit adalah jalan yang paling memungkinkan ketimbang jika asosiasi sepak bola tiap negara harus merogoh 200.000 euro (281.800 dolar AS) untuk peralatan kamera televisi.

"Secara pribadi, saya tetap yakin bahwa elemen manusia (dalam perwasitan) tetap lebih baik dari teknologi," katanya.

Asisten wasit tambahan itu ditempatkan di samping masing-masing gawang sehingga dapat memantau situasi misalnya saat pemain berpura-pura jatuh, pelanggaran satu sama lain, atau memastikan bola melewati garis gawang.

Uji coba pada lima pertandingan Liga Eropa musim ini menjadi agenda pembahasan pertemuan eksekutif UEFA pertama tahun 2010 pada Kamis dan Jumat ini.

Jika uji coba itu dinilai berhasil, maka kemungkinan akan disetujui oleh FIFA untuk di coba lagi pada skala yang lebih luas.

Dalam wawancara dengan majalah France Football pekan lalu, Platini mengatakan bahwa konsep lima wasit itu disetujui Badan Internasioal yang membidangi masalah peraturan di FIFA, maka konsep ini akan diperkenalkan di Liga Champions dan babak kualifikasi Euro 2012.

Pertemuan UEFA di Malta pekan ini juga menandai perayaan seratus tahun liga nasional di negara itu, dan 50 tahun Malta sebagai anggota penuh FIFA dan UEFA.(*)

Pewarta: wibow
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010