Kuala Lumpur (ANTARA News/AFP) - Pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei akan mengundurkan diri pada 2012, kata media di Malaysia, Rabu, yang juga menyebutkan bahwa bintang bulu tangkis tersebut mengincar gelar juara dunia dan Olimpiade London 2012 sebelum menggantung raket.

Pemain Malaysia berusia 27 tahun yang menduduki peringkat teratas dunia sejak 2008 itu mengatakan bahwa ia masih berharap dapat mempertahankan prestasinya sebelum turnamen terakhir di London 2012.

"Saya sudah mendekati akhir karir dan saya tidak ingin punya penyesalan setelah saya mundur, seperti tidak memenangi turnamen besar meskipun sebagai pemain nomor satu," kata Lee seperti dikutip New Straits Times.

"Saya masih punya kesempatan pada tiga kali kejuaraan dunia dan sekali Olimpiade.

"Itulah sebabnya mengapa saya harus dalam performa terbaik pada Olimpiade London 2012. Ini sebagai tantangan terberat saya," kata Lee yang telah meraih 24 trofi juara dalam karirnya.

Meskipun sebagai pemain nomor satu dunia, Lee yang baru-baru ini menjuarai turnamen Korea dan Malaysia Terbuka, belum pernah menjuarai turnamen besar seperti All England, Kejuaraan Dunia dan Olimpiade.

Lee belum berpikir soal kegiatannya jika sudah pensiun dari bulu tangkis, namun ia mempertimbangkan untuk membuat sebuah akademi bulu tangkis bagi pemain-pemain muda.

"Saya senang menjadi inspirator bagi generasi muda. Jika saya bisa berhasil di bulu tangkis, mereka juga bisa," katanya.

"Saya sudah banyak berkorban, tapi saya tidak akan meninggalkan tim nasional dalam situasi sulit. Saya akan mendukung para pemain muda," katanya.(*)

Pewarta: ferly
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010