Bandung (ANTARA News) - Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan mengaku memiliki impian suatu kali Indonesia memiliki konglomerat yang asalnya merupakan koperasi.

"Saya punya impian, ada konglomerat yang bermula dari koperasi sehingga koperasi yang selama ini dipandang sebelah mata bisa mulai dicintai," kata Sjarifuddin di Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN), Bandung, Kamis.

Menurutnya, dalam jangka lima tahun ke depan, kementerian pimpinannya akan menggagas program Sadar Koperasi guna menumbuhkan minat masyarakat terhadap koperasi.

"Di kementerian saya, sudah ada agenda Sadar Koperasi yang dibuat agar masyarakat lebih mengenal koperasi. Mudah-mudahan program ini bisa berjalan lancar," tambahnya.

Sjarifudin mengatakan, tumbuhnya koperasi akan membuat masyarakat sejahtera dan prosedur yang semula sulit, perlahan menjadi mudah.

Ia juga menekankanpengurangan bunga pinjaman akan memicu minat masyarakat terhadap koperasi.

"Kita harus siap bersaing dengan negara-negara lain. Perkuatan, advokasi, supervisi, dan pengawasan prosesnya harus dilakukan dengan baik. Saya yakin pengusaha koperasi dan UKM bisa bersaing," katanya. (*)

Pewarta: ferly
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010