London (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa menghadiri konferensi tingkat tinggi (KTT) mengenai Afghanistan yang berlangsung di London, Kamis.

Menlu hadir di konferensi itu bersama Dirjen Asia Pasifik dan Afrika TM Hamzah Thayeb, Direktur Eropa Barat Dewa Made Juniarta Sastrawan, serta Dubes RI untuk Inggris Yuri Thamrin.

Konferensi yang dibuka Perdana Menteri Inggris Gordon Brown dan Sekjen PBB Ban Ki Moon serta Presiden Afghanistan Hamid Karzai, disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi BBC London.

Menlu Marty Natalegawa bersama sekitar 70 perwakilan dari seluruh dunia berkumpul dalam konferensi yang bertujuan menciptakan momentum baru untuk pembangunan Afghanistan.

Dalam KTT Aghanistan yang digagas tiga besar Negara Eropa yaitu, Jerman, Prancis dan Inggris, antara lain dibahas tentang tawaran berunding dengan kelompok moderat Taliban.

Sehari sebelum konferensi berlangsung, Presiden Karzai menghadiri acara debat yang diorganisir BBC bersama Perdana Menteri Inggris Gordon Brown untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan mahasiswa Afghanistan dan Inggris.

Sekretaris-Jenderal Ban Ki-moon yang ditujukan untuk membantu Afghanistan membuat skema jalannya pemilihan presiden tahun lalu dan membangun negara lebih aman dan makmur.

Sementara itu sehari sebelumnya itu Menlu Marty Natalegawa juga mengadakan pertemuan bilateral dengan rekannya dari Amerika Serikat Menlu Hillary Clinton. Disela sela konperensi Marty juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan rekannya dari Negara lain.

Masyarakat Indonesia

Kunjungan kerja Menlu Marty M Natalegawa di Inggris juga disertai Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika TM Hamzah Thayeb, dan Direktur Eropa Barat Dewa Made Juniarta Sastrawan.

Marty juga akan mengadakan acara ramah tamah dengan tokoh masyarakat Indonesia di Inggris serta anggota Anglo Indonesian Society dan keluarga besar KBRI London, Kamis sore bertempat di KBRI London.
(*)

Pewarta: ferly
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010