Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa sampai sekarang belum ada kenaikan gaji pejabat negara, meski pernah dibahas dalam penyusunan APBN 2010.

"Itu semua waktu itu pernah dibahas mengenai penataan. Tapi sampai saat ini belum dilaksanakan karena memang waktu itu masih ada beberapa hal yang belum diselesaikan," kata Sri Mulyani usai mendampingi Presiden dalam acara di Jakarta Convention Centre.

Ketika ditanya apakah pada 2010 akan ada kenaikan gaji pejabat pemerintah, Sri Mulyani mengatakan, hal itu masih sebatas pembahasan dengan kementerian pemberdayaan aparatur negera terkait perlunya harmonisasi kerja antar kementerian dan lembaga negara.

Dalam program yang disusun bersama itu juga dibahas bahwa pejabat negara tidak sebatas menteri, tetapi ada ketua DPR, DPD, MPR, gubernur, bupati, walikota, MA, dan MK.

"Itu untuk dilihat kesetaraan maupun perimbangannya. Namun sampai hari ini belum dilaksanakan. Yang saya lakukan bersama Menneg PAN adalah membuat skenario untuk membuat suatu harmoni," katanya.

Sementara Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengatakan bahwa mengenai renumerasi pejabat negara kemungkinan diberikan sebagai tunjangan kinerja yang disesuaikan dengan program kerjanya.

Yang sudah menerapkan hal itu adalah kementerian keuangan, sekretariat kabinet, dan sekretaris negara. Kedepan akan diterapkan oleh beberapa kementerian.
(*)

Pewarta: surya
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010