Bantul (ANTARA News) - Tujijan (45), warga Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, Yogyakarta, tewas seketika Minggu lantaran tertimpa tanah longsor saat ia tengah menambang pasir.

Menurut keterangan saksi, Tugiman, warga setempat, ketika longsor datang korban tengah menambang pasir di kali dekat desanya, sementara Tugiman dan Sutiyem (37) yang sedang diatas tebng kali untuk mengumpukan pasir yang ditambang korban.

"Beberapa saat kemudian tanpa ada tanda-tanda yang mencurigakan sebelumnya, tiba-tiba terdengar suara gemuruh, dan disusul beberapa pohon serta tanah dan bebatuan runtuh dari tebing setinggi sekitar 30 meter," katanya.

Melihat kejadian tersebut kedua saksi yang berada di daratan tepi sungai langsung menyelamatkan diri dengan berlari menjauh, sedangkan korban yang berada di sungai tidak dapat menyelamatkan diri.

"Korban yang saat itu berada di sungai tidak bisa menghindar dari reruntuhan tebing, sehingga langsung tertimpa tanah dan bebatuan," katanya.

Selang satu jam kemudian tim SAR Pantai Parangtritis, Bantul, bersama petugas dari Polsek Pundong melakukan pencarian terhadap korban yang tertimbun longsoran itu.

Korban berhasil ditemukan sudah dalam keadaan tewas akibat tertimbun tanah. Jenazah korban kemudian dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, Bantul.
(*)

Pewarta: handr
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010