Jakarta (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Darwin Zahedy Saleh menegaskan, Pemerintah tidak akan menaikkan tarif dasar listrik dalam waktu dekat ini.

"Tidak benar tarif dasar listrik akan dinaikkan dalam waktu dekat ini, apalagi bila kita mencermati daya beli sebahagian rakyat kita masih terbatas," kata Darwin di Jakarta, Minggu.

Menurutnya, pemerintah masih memokuskan perhatian pada peningkatan pelayanan dan kualitas keandalan pasokan listrik untuk masyarakat.

Darwin juga mengungkapkan, berbagai tahap finalisasi sejumlah pembangkit
listrik baru akan diresmikan guna meningkatkan kualitas pasokan, setelah sebelumnya PLN mendapat tambahan sebesar 530 MW dari PLTU Labuan Banten dan Labuhan Angin yang diresmikan Presiden beberapa waktu lalu.

"Justru saat ini pemerintah sedang merumuskan untuk semakin mempertajam program subsidi yang tepat dan semakin pro rakyat," kata Darwin.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebelumnya juga mengatakan bahwa pada tahun ini pemerintah tidak akan menaikkan tarif dasar listrik dengan pertimbangan kemampuan masyarakat dan kualitas pasokan yang masih rendah. (*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010