Surabaya (ANTARA News) - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur siap membantu menangani dampak bencana alam, demikian Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (PP GP) Ansor Saifullah Yusuf saat Apel Banser NU Jatim menyambut Hari Lahir ke-84 NU di Gedung PWNU Jatim, Minggu.

"Kami sudah menyiapkan Tim Khusus untuk membantu pemerintah menangani bencana," kata Wagub Jatim itu saat menghadiri apel bersama Gubernur Jatim Soekarwo.

Didampingi Ketua Tanfiziah PWNU Jatim KH Mutawakkil Alallah, dia mengatakan kesiapsiagaan Banser menanggulangi bencana di Jatim itu, karena Banser melekat dengan NU, namun tetap bekerja sama dengan pemerintah.

"Dengan apel juga untuk menunjukkan bahwa Banser benar-benar mencintai induk organisasinya yakni NU," katanya di hadapan sekitar 2.250 ribu personel Banser yang datang dari berbagai pelosok Jatim.

Oleh karena itu, katanya, apel yang digelar Banser bukan ajang pamer kekuatan, tapi untuk memeriahkan Harlah ke-84 NU serta menyiagakan diri untuk menangani bencana alam di Jatim.

Sementara itu, Gubernur Jatim Soekarwo yang menjadi Inspektur Upacara, berharap ketrampilan Banser bisa digunakan kepentingan umat.

"Kami berharap Banser terus besar dan cepat tanggap. Ketrampilan yang dimiliki tiap individu bisa diandalkan," katanya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010