Jakarta (ANTARA News) - Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Senin, mengatakan, penyebab tingginya inflasi pada Januari 2010 adalah faktor musiman sebelum memasuki masa panen.

"Ini musiman karena ada kenaikan harga beras, tapi sekarang sudah mulai turun lagi. Ini gejala musiman," kata Hatta.

Ia menyebutkan, begitu memasuki masa panen maka harga beras akan stabil kembali dan laju inflasi akan turun. "Secara year on year, kita tetap optimis inflasi tetap terjaga sebesar 5,0 persen sepanjang 2010," kata Hatta.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pada Januari 2010 terjadi inflasi 0,84 persen. Dari 66 kota, seluruh kota mengalami inflasi di mana tertinggi di Maumere 3,56 persen dan terendah di Palu dan Sorong sebesar 0,12 persen.

Laju inflasi tahun kalender Januari 2010 sebesar 0,84 persen dan laju inflasi year on year pada Januari 2010 sebesar 3,72 persen.

Mengenai kinerja ekspor, Hatta mengatakan, kuartal empat 2009 menunjukkan perkembangan menggembirakan. "Kita lihat pada kuartal empat ada kecenderungan naik sehingga kita yakin ekspor pada 2010 akan membaik," katanya.

Ia mengharapkan, perjanjian perdagangan bebas (FTA) mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia. "FTA harus juga dilihat sisi positifnya. Potensi gangguan kita jaga, kita harus lihat ini sebaga peluang untuk meningkatkan kinerja," katanya.(*)

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010