Teheran (ANTARA News/Reuters) - Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan, tiga warga negaranya yang kini dipenjara di Amerika Serikat (AS) akan ditukar dengan tiga warga AS yang ditahan Iran.

Sinyal kemungkinan adanya pertukaran tahanan dari kedua negara itu diungkapkan Presiden Ahmadinejad kepada Stasiun TV Iran, Selasa.

"Kami tidak ingin melihat siapa pun dipenjara. Kini sedang dilakukan beberapa pembicaraan tentang pertukaran mereka dengan tiga warga Iran yang ditahan di Amerika," katanya.

Shane Bauer (27), Sarah Shourd (31) dan Josh Fattal (27) ditangkap akhir Juli 2009 dengan tuduhan melakukan kegiatan mata-mata. Penangkapan itu dilakukan setelah ketiganya masuk ke Iran dari Irak Utara.

Penangkapan ketiga warga Amerika itu menambah rumit hubungan Washington dan Teheran yang sebelumnya sudah mengalami kebuntuan akibat program nuklir Iran.

Pihak berwenang Iran mengatakan, ketiganya akan diadili namun tanggal pasti proses pengadilan kasus mereka belum diketahui.

Pemerintah AS mengatakan, dakwaan terhadap ketiga warganya itu tidak berdasar sama sekali. Karenanya, Gedung Putih meminta Teheran membebaskan ketiga pejalan kaki itu.

November lalu, kejaksaan Iran menuduh mereka terlibat kasus mata-mata.

Namun pihak keluarga membantah tuduhan aparat hukum Iran itu. Menurut mereka, bahwa ketiganya hanyalah pejalan kaki yang memasuki Iran secara tidak sengaja.

Berdasarkan UU Islam, sanksi hukuman bagi terdakwa yang terbukti bersalah karena melakukan mata-mata adalah hukuman mati.

Sejak Revolusi Islam Iran berhasil merebut kekuasaan tahun 1979, hubungan diplomatik AS-Iran terputus.(R013/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010