Beijing (ANTARA News/AFP) - Presiden China Hu Jintao, Rabu mengatakan "penting" untuk negaranya mengubah model ekonomi, yang tergantung pada ekspor dan investasi, dengan belajar pelajaran dari krisis ekonomi global.

"Krisis keuangan dunia bahkan lebih jauh mengungkapkan masalah transformasi model pembangunan ekonomi kami," kata Hu dalam sebuah pidato kepada para menteri dan para pejabat tingkat provinsi, menurut televisi resmi CCTV.

"Transformasi model pembangunan ekonomi adalah penting," CCTV mengutip perkataannya.

Hu menekankan bahwa China harus bergerak ke arah pertumbuhan ekonomi yang lebih seimbang ditopang oleh konsumsi domestik, ekspor dan investasi dengan pangsa yang lebih penting dari sektor jasa dan pertanian.

Langkah-langkah stimulus ekonomi pemerintah China memberikan perekonomian terbesar ketiga dunia tumbuh 8,7 persen pada 2009, tetapi banyak ekonom mengatakan negara perlu untuk memulai reformasi struktural.

Dalam sambutannya, Hu juga menyatakan bahwa "akar dari kebangkitan ekonomi itu belum solid".

"Kami harus melanjutkan upaya kami untuk mengkonsolidasikan hasil kebijakan anti-krisis kami dan untuk menjaga ekonomi yang stabil dan perkembangan yang pesat."(A026/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010