Valencia, Spanyol (ANTARA News) - Fernando Alonso menimbulkan kebanggaan bagi pendukung Spanyol pada Formula Satu (F1) Rabu ketika ia tampil sebagai pembalap tercepat dalam debut latihan emosional bersama Ferrari.

Pebalap juara dunia dua kali itu, yang mendapat sambutan hangat dari sekitar 36.000 penonton di Sirkuit Ricardo Tormo Valencia, menampilkan dirinya sebagai pembalap yang paling awal difavoritkan meraih gelar juara musim ini.

"Tidak, saya belum berpikir ke arah itu, karena ini baru hari pertama," kata mantan pebalap Renault itu seperti dikutip Reuters.

Jalanan menunju sirkuit menjadi macet total pagi itu ketika para pendukung ingin menyaksikan penampilan pahlawan mereka itu untuk pertama kali menjajal kendaraan F10.

Alonso, yang menggantikan pebalap Finland Kimi Raikkonen sebagai rekan setim pebalap Brazil Massa dalam tim Italia itu, dengan cepat membuat jarak dengan pebalap lainnya dalam latihan (test) itu.

Waktu latihan belum dapat jadi patokan, karena tangki bahan bakar diisi dua kali lipat dari yang seharusnya karena adanya larangan mengisi bahan bakar selama berlomba musim ini dan beberapa kendaraan menghkawatirkan tentang bobot kendaraan mereka dibanding biasanya.

Sebagai hasilnya, Alonso diperingati agar tidak terlalu banyak mengharapkan sesuatu dari Ferrari ketika perlombaan dimulai di Bahrain pada 14 Maret.

"Saya kira kami tercepat dalam tiga hari ini dan hal ini harus dikaitkan dengan aturan tentang isi bahan bakar tapi perlombaan akan semakin kompetitif," katanya.

"Tapi sebelum berkompetisi kami ini meyakinkan seberapa jauh kekuatan dalam mengitari lintasan agar dapat mempelajari kekuatan kendaraan mengikuti semua balapan musim ini," kata Alonso.

"Bagi saya, priopitasnya adalah bagaimana dapat membalap dengan nyaman dan menyenangkan," katanya.

"Banyak yang harus dipelajari dan ditemukan. Kami menginginkan kendaraan ini kuat sampai ke Barcelona (putaran pertama di Eropa musim ini, Mei). Kami harus mengamati penampilan kendaraan kami," kata Alonso.

Ia mengaku hari pertama di Ferrari merupakan momen yang "amat emosional", apalagi setelah menyelesaikan 127 putaran--paling banyak dibanding semua pebalap yang tampil Rabu.

"Saya merasa amat enak dalam kendaraan itu, terima kasih pada Felipe yang membantu dalam dua hari ini," kata juara 2005 dan 2006 itu, "Saya kira ini merupakan bantuan yang luar biasa karena saya tidak kehilangan waktu dengan mobil baru itu."

"Saya hanya harus memusatkan perhatian pada kendaraan karena Felipe sudah membuat kendaraaan itu melaju dengan baik di pagi hari. Saya mendapat informasi dari dia dan dia amat menolong," katanya. (A008/A038)

Pewarta: ricka
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010