Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah mengalokasikan dana Rp11,8 triliun untuk bantuan langsung masyarakat dalam Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri tahun 2010.

"Total dana PNPM Mandiri tahun ini hampir Rp12 triliun, itu termasuk dana dari daerah," kata Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono usai memimpin rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan di Jakarta, Kamis.

Usai memimpin rapat yang dihadiri menteri-menteri bidang kesejahteraan rakyat tersebut Agung menjelaskan, PNPM Mandiri tahun 2010 merupakan lanjutan PNPM Mandiri 2009 dengan tambahan satu program baru yakni PNPM Perumahan dan Permukiman yang dilaksanakan oleh Kementerian Perumahan Rakyat.

Tahun 2010, ia menjelaskan, program pemberdayaan masyarakat itu dilaksanakan di 494 kabupaten/kota dengan 6.321 kecamatan sasaran.

Menurut dia, jumlah kecamatan penerima bantuan PNPM Mandiri tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu karena ada 260 kecamatan yang tak lagi menerima bantuan.

Kecamatan-kecamatan tersebut sudah mendapatkan bantuan selama tiga tahun berturut-turut sehingga aset yang bergulir dalam masyarakat diperkirakan sudah memadai.

"Namun kecamatan-kecamatan tersebut tetap mendapat pendampingan, pemerintah menyediakan bantuan teknis yang diperlukan supaya proses pemberdayaan masyarakat berlanjut," katanya.

Selama tahun 2009, pemerintah mengalokasikan dana Rp11 triliun untuk bantuan langsung masyarakat PNPM Mandiri dengan komposisi 69 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan 31 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

PNPM Mandiri tahun 2009 terdiri atas lima program utama yang dilaksanakan oleh empat kementerian di 6.408 kecamatan di 465 kabupaten/kota.

Program utama PNPM Mandiri terdiri atas PNPM Mandiri Pedesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, PNPM Mandiri Infrastruktur, PNPM Mandiri Daerah Tertinggal dan Khusus, dan PNPM Mandiri Sosial Ekonomi Wilayah.

Selain itu ada juga program PNPM Mandiri yang sifatnya sektoral seperti PNPM Usaha Agribisnis Pedesaan, PNPM Kelautan dan Perikanan, dan PNPM Pariwisata.

Ia mengatakan, bantuan langsung masyarakat tahun anggaran 2009 bersumber APBN yang belum tersalurkan akan dikucurkan pada 2010 dan targetnya paling lambat selesai akhir April 2010.

Total bantuan langsung masyarakat yang akan dikucurkan dalam hal ini Rp571,2 miliar. (M035/K004)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010