Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Arip Musthopa, menyatakan, pihaknya mengapresiasi sikap sejumlah partai politik yang tidak mau kompromi dalam perumusan rekomendasi hasil Pansus Angket Kasus Century di DPR RI.

Hal hampir senada juga dinyatakan Sekjen Presidium Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cokro Wibowo kepada ANTARA di Jakarta, Jumat, terkait pernyataan sikap beberapa pimpinan Parpol terkait proses perumusan kesimpulan Pansus Angket Kasus Century selang dua hari terakhir.

"Konsistensi sikap tersebut merupakan kontribusi penting bagi penyehatan kultur politik kita," tandasnya.

Selain itu, menurutnya, hal ini memberi pengaruh sangat positif terhadap iklim penegakan hukum di Indonesia yang lebih memberi keadilan kepada semua warga.

"Terutama dalam penuntasan skandal-skandal besar yang dalam pengalaman selama ini terkesan kurang memberikan rasa keadilan," ujar Arip Musthopa.

Sementara itu, Sekjen Presidium Pusat Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Cokro Wibowo, secara terpisah menyatakan sikapnya untuk mendukung segala upaya Parpol melalui fraksinya di DPR RI yang berani bertindak pro kebenaran serta menjunjung tinggi amanat penderitaan rakyat.

"Mari kita budayakan di negeri berideologi Pancasila ini suatu kondisi di mana ada persepakatan untuk selalu bersama memerangi ketidakadilan. Momentum pembongkaran megaskandal Bank Century ini pas untuk dijadikan salah satu `starting point` untuk itu," katanya.

GMNI, menurutnya, telah menyiapkan berbagai aksi di lapangan untuk memberikan dukungan moral (`moral force`) kepada para anggota Pansus Angket Kasus Century di DPR RI, agar selalu berani berpihak kepada kebenaran.

"Mari membangun demokrasi sebagai jalan menuju kebenaran yang berpihak kepada amanat penderitaan rakyat," kata Cokro Wibowo lagi.
(M036/R009)

Pewarta: bwahy
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2010