Padang (ANTARA News) - Mantan Ketua MPR, Amien Rais mengatakan, aksi demo dengan membawa kerbau merupakan tindakan tidak bermoral.

"Orang demo bawa kerbau, dan menyatakan ini cocok dengan tokoh ini, ini sudah tidak bermoral," kata Amien ketika menyampaikan tausiyah di hadapan ribuan warga Muhammadiyah di Lapangan Imam Bonjol Padang, Sabtu.

Namun hikmah dari semua itu, kata dia, bangsa ini masih akan disayang Tuhan kalau mau kembali ke jalan yang benar.

"Kalau sebuah bangsa sering diberi peringatan tapi tidak mengambil hikmahnya, maka bisa diceburkan kedalam lubang yang lebih dalam lagi," kata mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu.Dia mencontohkan negara Yugoslavia yang kini sudah tidak ada lagi.

"Dulu ada negara Yugoslavia, negara Eropa Timur yang kuat. Kini, negara itu sudah tidak ada lagi, karena sudah terpecah menjadi negara Kroasia, Bosnia, dan lainnya," kata Amien.

Hal yang sama juga dialami negara Uni Soviet. Negara itu juga sudah tidak ada.

Ia mengatakan, kalau Indonesia, tokoh-tokohnya tidak mendengar kebenaran yang disampaikan, tidak mustahil apa yang terjadi pada Uni Soviet dan Yugoslavia bisa terjadi di sini.

"Ini hanya sekedar warning," kata Amien yang dari Jakarta didampingi Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, dan Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan. (ANT/A038)

Pewarta: ferly
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2010