Jakarta (ANTARA News) - Total EP Indonesie dan Inpex Corporation, selaku pengelola Blok Mahakam, Kaltim, akan memasok gas sebesar tiga triliun british thermal unit (TBTU) ke PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) pada 2010.

Siaran pers Total di Jakarta, Minggu, menyebutkan, penandatanganan perjanjian jual beli gas (PJBG) tersebut dilakukan Jumat (5/2).

Pasokan gas tersebut akan lebih menjamin pasokan gas bagi PIM yang berlokasi di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Selain Total, PIM juga mendapat pasokan gas dari ExxonMobil Oil Indonesia yang mempunyai konsesi di Aceh.

Pada 2009, Total juga telah menyuplai gas ke PIM sebanyak sembilan TBTU. Sejak tahun 1980-an, Total telah memasok gas bagi kebutuhan pabrik pupuk dan pembangkit listrik di Kaltim.

Total beroperasi sejak 1968 dengan kegiatan di wilayah Lepas Pantai Mahakam.

Produksi Mahakam pada 2009 adalah sekitar 569.700 barel setara minyak per hari yang terdiri dari sekitar 2,56 milyar kaki kubik gas per hari dan 99.900 barel minyak dan kondensat per hari.

Produksi gas Blok Mahakam 30 persen dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik dan sisanya menyuplai ke kilang LNG Bontang yang merupakan 80 persen dari kapasitas kilang tersebut.(K007/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010