Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perumahan Rakyat Suharso Manoarfa meresmikan secara simbolis rumah susun sederhanan sewa (rusunawa) bagi prajurit Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat (Kopassus) di Markas Komando Kopassus Cijantung, Senin.

Rusunawa yang dibangun diatas lahan 1.174 meter persegi itu merupakan tipe 33 untuk 64 kepala keluarga, terutama diperuntukkan bagi keluarga prajurit Kopassus yang masih menyewa di luar kompleks Ahmad Yani Ksatrian Kopassus.

Sebelumnya pada 2009, Kementerian Perumahan Rakyat telah membangun 55 twinblock dimana 40 unit diantaranya didanai stimulus fiskal 2009 termasuk 11 twinblock rusunawa untuk TNI/Polri.

Pada Tahun Anggaran 2009 Kementerian Perumahan Rakyat melalui Program Stimulus Fiskal telah membangun tiga twin block rusunawa TNI Angkatan Darat, salah satunya rusunawa bagi Kopassus.

Kepala Pusat Pengembangan Kemenpera Andi Zaenal Dulung mengatakan, pembangunan rusunawa merupakan salah program RPJMN yang menjadi amanat rakyat, meski belum dapat dipenuhi secara maksimal karena keterbatasan anggaran.

"Dalam kurun waktu 2004-2009 baru bisa kita penuhi 60 persen dari target 60.000 twin block, sedangkan pada lima tahun kedepan kami targetkan 650 twinblock," katanya.

Panglima TNI Jenderal TNI Djoko Santoso dalam sambutan yang dibacakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI George Toisutta mengatakan, masalah perumahan bagi prajurit adalah tantangan terbesar TNI saat ini.

"Pemenuhan perumahan bagi prajurit hingga kini masih terbatas, dan belum dapat dipenuhi oleh pemerintah," katanya.(R018/A024)

Pewarta: mansy
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2010