Jakarta (ANTARA News) - Film garapan Ratna Sarumpaet, "Jamila dan Sang Presiden", meraih penghargaan pada festival film internasiona di Prancis, "Vesoul International Film Festival."

"Kabar baik dari Paris, Jamila mendapatkan penghargaan," kata Ratna Sarumpaet kepada ANTARA di Jakarta, Senin.

Ratna mengungkapkan, ada dua penghargaan yang diperoleh "Jamila dan Sang Presiden", yaitu kategori prix de public atau public prize dan prix jury lyceen atau youth jury prize.

Ratna berharap, masuknya film Jamila ke festival di Perancis akan memuluskan jalannya menuju Piala Oscar.

Ratna menambahkan, Perhimpunan Pengusaha Film dan Televisi Indonesia telah memilih "Jamila dan Sang Presiden" mewakili Indonesia ke Oscar untuk kategori "Foreign Language".

Di Oscar, "Jamila dan Sang Presiden" akan berkompetisi dengan 64 film dari 64 negara lain.

Karena itu, Ratna berharap film garapannya tersebut menang di kompetisi Vesoul International Film Festival" di Perancis.

"Jamila dan Sang Presiden" dibintangi artis watak veteran Christine Hakim, Atiqah Hasiholan, Fauzi Baadila dan Surya Saputra.

Film bertema kemiskinan, perdagangan orang dan kejahatan seksual terhadap perempuan di bawah umur tersebut diangkat dari drama berjudul "Pelacur dan Sang Presiden."

"Film tersebut terinspirasi dari kehidupan nyata yang terjadi di Indonesia," kata Ratna mengutarakan pesan moral filmnya ini menjadi pertimbangan juri Oscar nanti. (*)

W004/AR09

Pewarta: luki
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010