Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta agar PD Pasar Jaya segera memindahkan pedagang Pasar Rawabening, Jakarta Timur ke tempat yang baru seusai kebakaran yang melanda tempat penampungan sementara.

"Hari ini mungkin belum bisa, tapi saya minta agar para pedagang sudah bisa menempati tempat yang baru agar tidak semakin banyak kerugian mereka," kata Fauzi ketika meninjau lokasi kebakaran, Rabu.

Gubernur menyebut sebenarnya para pedagang telah dijadwalkan untuk dipindahkan ke pasar yang selesai direnovasi pada 15 Februari mendatang, namun dengan adanya kebakaran yang terjadi pada Rabu dini hari, rencana pemindahan itu terpaksa dipercepat.

"Persiapan pemindahan sudah berbulan-bulan dilakukan, pedagang juga sudah tahu. Kami menyayangkan terjadi bencana pada hari-hari terakhir sebelum pemindahan," ujarnya.

Fauzi menyebut meskipun belum ada penyelidikan resmi, namun ia menduga penyebab kebakaran adalah dari arus pendek listrik atau korsleting.

"Sementara diperkirakan disebabkan arus listrik. Di sini adalah tempat pelapisan logam dan pekerja bisa bekerja sampai malam hari, kemungkinan terjadi korsleting," katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, di tempat yang baru dilakukan zoning atau pemisahan jenis pekerjaan sehingga diharapkan dapat mengurangi resiko musibah lebih lanjut.

"Akan ada risiko lebih tinggi kalau tidak dipisahkan," kata Gubernur.

Meskipun demikian, Fauzi menyebut investigasi resmi mengenai penyebab kebakaran akan dilakukan oleh Polres setempat.

Pasar Rawabening merupakan pusat pasar logam mulia dan batu permata di Jakarta yang sedang dilakukan renovasi. Sementara renovasi dilakukan, pedagang menempati tempat penampungan sementara yang terbakar Rabu pagi sekitar pukul 05.00 WIB.
(A043/B010)

Pewarta: bwahy
Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2010