Jenewa (ANTARA News/AFP) - Badan pemasaran keju Swiss, Rabu mengatakan, bahwa krisis ekonomi telah gagal untuk menempatkan lubang dalam selera untuk keju produk Swiss tahun lalu, setelah ekspor tumbuh ke sebuah rekor baru.

Sekitar 62.146 ton keju keras dan lembut dan fondue campuran diekspor, peningkatan 1,6 persen dibanding tahun sebelumnya, karena pertumbuhan di Jerman, Prancis dan Italia mengimbangi penurunan permintaan di Amerika Serikat.

Pemasaran Keju Swiss mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "sektor keju mendorong keluar dari krisis," walaupun pada awalnya ragu-ragu bahwa harapan awal redup mengulang "sebuah catatan tahun" pada 2008.

Emmentaler keju, dengan lubang yang berbeda, tetap favorit utama, menyumbang satu kilo dalam tiga kilo keju Swiss yang dimakan di luar negeri walaupun terjadi 8,9 persen penurunan permintaan di tengah meningkatnya persaingan.

Ini khususnya mengalami penurunan 1.029 ton di ekspor ke Italia, pasar yang terbesar "di mana ia menghadapi persaingan dari imitasi dengan lubang besar," kata dewan pemasaran menambahkan. (A026/K004)

Pewarta: kunto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2010