Palembang (ANTARA News) - Senam aerobik hendaknya dilakukan secara sopan dengan pakaian yang digunakan pesenam tidak meransang hawa nafsu, demikian Ketua Majelis Ulama (MUI) Sumatra Selatan KHM Sodikun di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, selama ini pakaian senam aerobik tidak sesuai dengan budaya Islam sehingga iperlu dibenahi, sementara gerakan senamnya sendiri kerap menimbulkan pikiran kurang bagus.

Dia melanjutkan, senam tersebut harus dilakukan secara sopan sehingga sesuai dengan budaya Indonesia dan jika menimbulkan hal negatif maka MUI memandangnya haram dan bertentangan dengan kaidah Islam.

Senam memang hal yang dianjurkan terutama untuk menjaga kesehatan tetapi harus dilakukan sesuai dengan tata krama dan budaya bangsa, tegasnya.

Bahkan Islam menganjurkan umatnya menjaga kesehatan dengan berolahraga termasuk senam, namun harus dilaksanakan secara sopan, katanya.

"Senam aerobik tidak boleh dilakukan secara transparan terutama pakaian, karena itu banyak hal negatifnya dari pada positifnya," demikian Sodikun. (*)
U005/AR09

Pewarta: handr
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2010